Selasa, 21 Juli 2009

10 kota tertua di dunia

10 kota tertua di dunia

1.Damaskus di Siria


Damaskus merupakan ibukota negara Siria yg mempunyai warna tersendiri dlm sejarahnya sepanjang 12.000 tahun lalu. Merupakan daerah subur yg dialiri oleh sungai Barada dan merupakan daerah sasaran penjajah ataupun penaklukan raja-raja dahulu kala. Jumlah penduduk mencapai 4 juta jiwa hingga sekarang, dan sebagian besar tersusun atas kumpulan kanal air, sehingga membentuk kawasan hijau. Sejak tahun 1979, UNESCO menetapkan Damaskus sebagai situs warisan dunia


2.Jericho di Tepi Barat




Kota kuno Jericho merupakan kota tertua di dunia yang ber-benteng atau memiliki sistem pertahanan dinding, sbg bukti batu yg digunakan berumur 9000 tahun menurut penelitian yg ada. Jauh sebelum tembok kota runtuh menurut kesaksian yg ada di Alkitab, para arkeolog melakukan penggalian dan meyakini bahwa 11.000 tahun yg lalu telah ada populasi di kota ini.

3.Susa di Iran


Kota bersejarah di Iran yg telah berdiri sejak tahun 8000 SM ini, telah berulang kali beralih kekuasaan antara lain dari Elamite, Babylonia, Achaemenian, Yunani kuno, Phartian, Sasanian dan terakhir Persia. Pada masa sekarang kota ini dikenal dgn nama Shush dan merupakan tempat ditemukan nya kode Hammurabi (sebuah kode yg dibuat oleh Hammurabi ttg struktur pemerintahan) terdiri dari 282 hukum dan 35 kode lainnya.

4.Plovdiv di Bulgaria




Kota ini berubah-ubah namanya mengikuti nama penakluknya, mulai dari nama Eumolpias, berubah menjadi Philippoupolis (penaklukkan oleh Phillip II dari Macedonia, bokapnya Alexander Agung pada tahun 342 SM). Seratus tahun berlalu, Philippoupolis berganti nama menjadi Trimontium, kembali menjadi Philippoupolis, berganti menjadi Paldin, Filibe dan akhirnya Plovdiv. Sekarang kota ini dihuni oleh sekitar 380.000 rumah, merupakan kota kedua terbesar di Bulgaria, tertua di Eropa Timur jika dihitung dari usianya yg mencapai 9000 tahun.



5.Yerusalem/Yerushalayim/Al-Quds




Kota suci bagi tiga agama di dunia, Yahudi, Kristen dan Islam yg berusia 5000 tahun ini telah mengalami beberapa kali peristiwa tragis, antara lain 2x dihancurkan, dikepung oleh musuh sebanyak 23x, diserang sebanyak 52x, ditaklukan dan menaklukkan kembali sebanyak 44x




6.Tyre di Libanon




Kota yang penuh dengan tembok pertahanan ini terletak di pantai Libanon, sebenarnya dulu merupakan pulau terpisah dari daratan besarnya. Hingga akhirnya ketika Alexander Agung membangun sebuah jalan setapak yg menghubungkan kedua pulau guna melancarkan serangannya maka seiring dgn berjalannya waktu, dan perubahan ketinggian laut maka pulau bersatu dengan daratan utama yakni Libanon.

Kota ini merupakan kota ke empat terbesar di Libanon ini berusia 6000 tahun.

7.Athena di Yunani



Kota dengan jumlah penduduk 4 juta jiwa ini merupakan kota ke 5 terpadat penduduknya di Uni Eropa. Merupakan pelopor gaya hidup modern, terbukti dengan jaman keemasaannya di masa Yunani kuno (Kemegahan Acropolis dan phartenon nya)

Kota ini dulunya tidak selalu identik dengan kemegahan karena pada awal abad 19 mengalami kemunduran dengan hanya menyisakan beberapa ribu jiwa penduduk. Semua nya berubah ketika Athena dijadikan sbg ibukota Yunani pd tahun 1834, Kota ini kembali membangun hingga menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2004

8.Lisbon di Portugal



Kota yang dikenal sbg kota pelabuhan sejak tahun 1200 SM, strategis untuk perdagangan dan militer pada jamannya namun pernah hancur total akibat gempa bumi dan tsunami pd tahun 1755 menelan sekitar 10.000 jiwa penduduknya.
Namun kota ini dengan cepat membangun, sehingga mampu bertahan hingga sekarang dan maju. Klub sepakbola nya Ok juga tuh : Sporting Lisbon



9. Varanasi di India




Merupakan kota religius dan budaya berumur 3000 tahun, lebih dari sejuta peziarah agama Hindu dari seluruh dunia datang ke kota ini setiap tahunnya utk mengikuti upacara keagamaan dan berenang di sungai Gangga.
Kota yang selalu diperebutkan dalam beberapa abad ini, setiap jengkal tanahnya selalu dibangun bangunan baru, dan bangunan lama dipugar kembali mengikuti aslinya dan berkembang mengikuti pengaruh jaman.


10.Cholula di Meksiko



Merupakan kota peninggalan jaman Aztec dmn terkenal dgn piramid Teotihuacan, kota ini berpenduduk sekitar 100.000 jiwa. Di sini juga terdapat piramid terbesar di dunia yg pernah dibuat oleh manusia

Tidak ada komentar: