Senin, 12 Januari 2009

Gedung2 luar biasa di dubai

Hotel di bawah laut terbesar berada di Dubai

Satu lagi "keajaiban" yang akan dibuat oleh negara Dubai selain gedung tertinggi di dunia yang pernah kami bahas sebelumnya.
Dubai berencana akan membangun hotel di dalam air dengan kedalaman sekitar 20 meter dengan nama Hydropolis dan akan mempunyai 220 kamar yang berbentuk seperti gelembung
Pada bagian dasar hotel akan terdapat sebuah terowongan dengan panjang 515 meter yang dapat mengantar penumpang untuk melihat keindahan bawah laut dengan kereta otomatis.
Hotel ini rencananya akan selesai pada tahun 2009 dan akan "menelan" biaya sekitar US$ 600 juta.
Bila anda berencana untuk "mencicipi" suasana hotel bawah laut ini, siapkan uang anda minimal Rp. 50.000.000 per malam
Spoiler for Dubai Hydropolis Underwater Hotel:


Hydropolis Underwater Hotel and Resort merupakan sebuah hotel terencana yang akan menjadi resor mewah bawah laut pertama di dunia. Terletak 66 kaki di bawah permukaan Teluk Persia, lepas pantai Jumeira di Dubai. Dilengkapi dengan beton dan besi, dinding Plexiglas dan atap melengkungnya akan membolehkan tamu melihat ikan dan makhluk laut lainnya. Terbagi menjadi tiga bagian: stasiun darat, dimana tamu disambut; terowongan penghubung, yang akan mengangkut tamu menggunakan kereta menuju wilayah utama hotel; dan 220 suite di komplek bawah laut itu. Luasnya akan mencapai 260 hektar, seluas Hyde Park di London, dan senilai £300 juta. Hotel ini dianggap sebagai hotel berbintang 10.
Hotel tersebut dijadwalkan dibuka tahun 2007. Tetapi, pada Februari 2008, peluncuran Hydropolis ditunda, karena masalah biaya dan dampak proyek terhadap kehidupan laut, proyek ini telah mengalami penundaan besar, dan dijadwalkan dibuka tahun 2009.
Hotel itu, bersama dengan proyek kembar lainnya, sedang dibangun oleh Crescent Hydropolis Holdings LLC, sebuah firma yang secara khusus dibentuk untuk pembangunannya. Perancangnya adalah Joachim Hauser.
Proyek kembar
Lainnya, hotel bawah laut direncanakan di Qingdao di Cina, dijadwalkan dibuka tahun 2009, akan dibangun di Laut Kuning dimana kedalamannya mencapai 16 hingga 20 meter ketika gelombang surut. Tamu akan tiba di hotel dengan kapal pesiar, yang juga direncanakan sebuah menara hidro di darat, rencananya dibuka untuk Olimpiade 2008 di Beijing. Harga setiap suite diperkirakan di atas harga properti bintang lima. Kamar reguler diberi harga seperti properti bintang lima lainnya.

Hotel bawah laut bintang 7 di Istambul

Seperti tidak mau kalah dengan Dubai yang sedang membangun Hotel di bawah laut, Istambul juga sedang memangun hotel di bawah laut yang rencananya baru selesai sekitar tahun 2010.
Hotel ini berlokasi di bekas pabrik rokok, sebuah bangunan bersejarah tahun 1930an dan akan terdiri dari 7 lantai yang semua lantainya berada di dasar laut serta semua kamar dipastikan mempunyai pemandangan bawah laut yang indah.
Hotel ini juga akan menjadi salah satu hotel yang berbintang 7 dan pastinya 100% anti air (waterproof).
Antara hotel bawah laut di Dubai dan Istambul mempunyai 2 kesamaan yaitu sama-sama di bawah laut dan harga menginapnya pasti mahal.

Gedung Burj Dubai yang hampir selesai

Masih ingat Burj Dubai yang merupakan gedung tertinggi di dunia yang ada di Dubai dengan tinggi yang mencapai sekitar 800 meter?
Ternyata pembangunan gedung ini terus dipercepat dari jadwal yang ada sehingga kemungkinan besar, gedung ini bisa ditempati sekitar 1 tahun lagi.
Berikut ini foto-foto terbaru yang diambil oleh David Hobcote melalui helikopter yang akan memperlihatkan bahwa Burj Dubai akan melakukan "topping off" dalam waktu dekat.
Lihat saja di sekeliling gedung Burj Dubai, rasanya seperti layaknya gedung liliput bila dibandingkan dengan Burj Dubai.
Spoiler for Gambar Lain Gedung:





Setelah Burj Dubai, akan ada Kingdom City dengan tinggi 1 km

Gedung tertinggi di dunia saat ini yang hampir selesai dengan nama Burj Dubai mungkin tidak akan lama menyandang gelas sebagai gedung tertinggi di dunia.
Belum lama ini, Pangeran dari Saudi, Al-Waleed bin Talal melalui perusahaannya (Kingdom Holding Company) telah mengumumkan untuk membangun gedung yang lebih tinggi dari Burj Dubai.
Dan untuk mengalahkan Burj Dubai, pangeran yang satu ini telah menyatakan bahwa gedung ini nantinya akan mempunyai tinggi lebih dari 1 km (1.000m) dan biaya yang dibutuhkan adalah sekitar 26,7 milyar (itung sendiri yah kalau dirupiahin atau dibeliin tempe goreng).
Nama proyek tersebut adalah Kingdom City yang akan dibangun di tanah seluas 23 juta meter persegi dimana nantinya terdapat perumahan, hotel dan perkantoran. Tunggu aja kapan mulai dibangun...
Gedung Tertinggi di dunia ada di Kuwait

Negara Timur Tengah sepertinya sedang berlomba-lomba untuk menjadi negara yang ter-apapun di dunia.
Setelah sebelumnya di Dubai dibangun gedung tertinggi di dunia dengan nama Burj Dubai (sekitar 800 meter), Kuwait akan "menyalip" rekor Burj Dubai dengan gedungnya yang diberi nama Burj Mubarak Al-Kabir.
Gedung yang terletak di Madinat Al-Hareer rencanya akan dibangun setinggi 1.001 meter.
Rencananya gedung tersebut akan selesai dalam waktu 25 tahun dengan biaya sekitar 85 miliar dollar (maaf, kami tidak sanggup menghitungnya dalam rupiah karena angka NOLnya terlalu banyak). Lama banget yah???

Berikut ini daftar gedung tertinggi di dunia saat ini (termasuk yang sudah "hilang") dan yang akan datang (belum termasuk Burj Mubarak Al-Kabir.
1. Burj Dubai di Dubai (+/- 800 m), selesai tahun 2008
2. Freedom Tower di New York (+/- 541 m), selesai tahun 2009
3. Taipei 101 di Taiwan (+/- 509 m), tahun 2004
4. Shanghai World Finance Center di China (+/- 492 m), tahun 2007
5. Petronas Tower di Malaysia (+/- 452 m), tahun 1998
6. Sears Tower di Chicago (+/- 442 m), tahun 1974
7. Jin Mao Tower di China (+/- 421 m), tahun 1999
8. World Trade Center di New York (+/- 417 m), tahun 1972 / 73
9. Two International Finance Center di Hongkong (+/- 415 m), tahun 2003
10. Empire State Building di New York (+/- 381 m), tahun 1931

tp sayangnya sbelum tercapai itu dubai dah lebih jago melangkah kedepannya, moga2 aja para juragan tak terkejut, ini dia ulasan sedikit tentang perkembangan dubai utk kedepannya terhadap saingan dari negara2 lainnya....

AC Towers: gedung di dubai yang “wah” tetapi ramah lingkungan

Dubai memang sedang terus membangun gedung atau bangunan yang selalu membuat orang berdecak kagum, mulai dari hotel di bawah laut, gedung yang dapat berputar.
Satu lagi gedung yang akan dibangun di Dubai dan direncanakan akan selesai dalam 5 tahun ke depan adalah gedung yang ramah lingkungan.
Salah satu bagian dari beberapa gedung yang akan dibangun adalah tower yang diberi nama AC Towers adalah gedung dengan tinggi lebih dari 100 lantai. Desain gedung dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan udara dingin yang nantinya akan disalurkan ke bagian gedung lainnya (semakin tinggi semakin rendah suhu udara).
Dengan tower yang tinggi ini maka diharapkan udara dingin yang dapat dihasilkan adalah 10° Celcius lebih rendah dibandingkan udara yang ada di sekitar sehingga juga diharapkan, gedung ini dapat menghemat energi listrik (AC) sekitar 40% - 60%.
Luas AC Towers sekitar 800.000 s/d 900.000 meter persegi dan terdiri dari hotel, tempat tinggal, tempat parkir dan tempat hiburan.
Gedung lainnya adalah diberi nama EP-09 yang berbentuk sebuah kurva, yang nantinya akan dikelilingi sebuah taman terbuka yang luas sehingga bisa menghasilkan udara yang cukup sejuk.

Pantai di Dubai yang sejuk, kok bisa?ada ACnya?

Satu lagi berita dari Dubai yang selalu bikin orang "ngiler" untuk pergi ke sana. Setelah membuat tempat ski di dalam ruangan, kali ini Dubai akan membuat sebuah pantai tidak terasa panas, terutama bila kita berjalan di atas pasir pantai yang putih.
Pantai ini akan dibangun sistim untuk menyerap panas dengan cara menanam pipa di bawah pasir pantai sehingga pasir tersebut tidak akan terasa panas dan juga membuat kipas angin besar untuk membuat para turis tetap merasa sejuk walaupun suhu udara disana mencapai 40-50 °C.

Semua sistim tersebut akan dikontrol melalui komputer, termasuk juga kolam renangnya yang akan memberikan air yang dingin atau sejuk.
Pantai ini sendiri letaknya di sebelah hotel New Palazzo Versace yang rencananya akan dibuka pada tahun 2010.

Gedung yang lantainya masing-masing dapat berputar dan ramah lingkungan di Dubai

Setelah Hotel Di Bawah Laut, Dubai juga akan membangun gedung yang menurut kami tercanggih dan juga ramah lingkungan, suatu kombinasi yang agak sulit ditemukan.
Gedung yang didesain oleh David Fisher dari Dynamic Architecture adalah gedung yang dapat menghasilkan sumber listrik sendiri melalui turbin angin yang dipasang di setiap lantai sehingga gedung ini dapat menghasilkan 1.200.000 kilowatts per jam selama 1 tahun.
Nah, itu bila kita bahas dari segi ramah lingkungan (eco friendly) dan bila dilihat dari segi arsitektur dan teknologi, gedung ini mempunyai lantai yang masing-masing dapat berputar untuk mendapatkan view yang berbeda setiap saat.
Seperti dilihat gambar kedua diatas, karena masing-masing lantai dapat berputar sendiri maka bentuk gedung pun dapat berubah setiap saat.
Nantinya gedung ini akan terdiri dari apartement (apartment), hotel, perkantoran, restoran dan lainnya.
Kapan yah bisa memiliki apartement seperti ini karena pasti menyenangkan bisa melihat pemandangan yang berbeda setiap hari.

Sekarang, papan iklan terpanjang di dunia ada di Dubai (juga) dengan panjang 1,5 km

Manusia memang tidak pernah puas, setelah sebelumnya Dubai mempunyai papan iklan terbesar di dunia dengan tinggi setara dengan gedung 33 lantai, sebuah perusahaan periklanan ADRAC, juga membuat papan iklan (billboard) terpanjang di dunia yaitu sepanjang 1,5 km.
Papan iklan ini akan terdiri dari 450 bagian yang masing masing berukuran 10 x 2m dan semuanya itu akan dijadikan satu pada sebuah papan iklan terpanjang tersebut.
Kelebihannya selain panjangnya itu, papan iklan ini juga dibuat dengan bahan daur ulang dan bahan yang bisa "hancur" dengan sendirinya bila sudah tidak diperlukan (biodegradable).
Total biaya pembuatan papan iklan ini adalah sebesar US$ 3,2 juta dan rencananya akan dibiayai oleh 100 sponsor dimana 40 sponsor yang ada merupakan sponsor utama.
Ada minat?? Jangan kuatir masih ada sisa tempat kok, siapkan saja anggaran sebesar US$ 25.000 sampai dengan US$ 200.000.

Papan iklan terbesar di dunia setinggi gedung 33 lantai di Dubailand, Dubai

Salah satu syarat billboard (papan iklan) yang baik adalah cukup besar untuk dilihat orang banyak, pertanyaan seberapa besar?
Bagaimana kalau papan iklan setinggi gedung dengan 33 lantai dan dapat dilihat dari jarak sampai 1,5 km? :-) Setidaknya inilah yang ditawarkan oleh perusahaan Tammer yang rencananya akan memasang layar LED terbesar di dunia dalam waktu dekat.
Billboard tersebut terletak di salah satu gedung (tower) di Dubailand, Dubai.
Penggunaan teknologi layar LED juga menggunakan teknologi terbaru sehingga bangunan yang berada di belakang layar LED ini tetap mendapatkan sinar matahari yang alami. Ayo, perusahaan mana yang mau pasang iklan disini??

Weleh-Weleh, melihat pd antusias ama dubai neh, ampe threadku msk halaman depan, thanks mimin and momod, sekedar info ditambahin deh dikit dgn dubai, no SARA ya, sama2 melihat segi positif...
karna info yg menarik, mohon maaf jk repost, jk berkenan minta cendol dunk..moga tak menyinggung nich...
mungkin tak ada cetak tebal maka tak ada yg ksh cendol ya?


Anara Tower di Dubai: gedung setinggi 700 meter dengan apartemen yang lengkap dengan kolam renang pribadi di setiap kamarnya

Berbicara tentang suatu yang "wah" pasti Dubai adalah salah satu kata yang muncul di pikiran kita.
Anara Tower adalah gedung di Dubai berlantai 125 dengan tinggi 700 meter yang dibuat oleh perusahaan Atkins, Inggris.
Gedung ini mempunyai taman di setiap 27 lantai dan terdiri dari hotel (dengan 250 kamar), kantor, pertokoan dan juga apartemen (300 kamar). Dan berbicara mengenai apartemen yang katanya akan menjadi apartemen termahal di Dubai mempunyai kolam renang pribadi di setiap kamarnya dan juga lift pribadi (kurang ngerti juga apakah setiap penghuni mempunyai 1 lift?)
Sedangkan pada bagian paling atas, nantinya akan dijadikan sebuah restoran yang tidak saja memberikan sensasi makan dengan ketinggian 700 meter tetapi juga menikmati pemandangan kota Dubai.
Anara Tower sendiri telah mendapatkan sertifikasi LEED (Leadership in Energy and Environmental Design) yaitu sebuah sertifikat bahwa gedung ini ramah lingkungan dan memperhatikan pemakaian sumber daya listrik, air dan lainnya.
Tetapi bila berbicara penghematan, dengan kolam renang di setiap kamar dan juga lift pribadi, bukannya ini suatu pemborosan??
Spoiler for Gambar Gedungnya:


Sekalian bg yg pengen cari tau tentang dubai, tak ksh kesulitan, moga manggap...selamat menikmati...

Dubai Land

Dubailand, bagian dari Tatweer (yang dimiliki oleh Dubai Holding), merupakan sebuah komplek taman hiburan yang sedang dalam konstruksi di Dubai, Uni Emirat Arab. Konstruksi Dubailand telah dipisah menjadi empat fase. Pembangunan fase pertama diperkirakan selesai antara 2006 dan 2010.
Atraksi Terbuka
Beberapa atraksi di Dubailand dapat beroperasi seperti Dubai Autodrome, The Global Village dan Al Sahra Desert Resort. Terletak di bagian eko-pariwisata Dubailand, Al Sahra Desert Resort (pembukaan resmi: November 2006) merupakan rumah bagi pertunjukan outdoor permanen pertama Dubai - 'Jumana - Secret of the Desert- sebuah pertunjukan yang menceritakan sejarah dan kebudayaan Arab, temanya yang berasal dari Persia, Maghred, Levant, daerah Teluk, Oman dan Yemen dicampur menjadi cerita fantasi. Dilakukan pada sebuah amfiteater terbuka, acara ini memperlihatkan berbagai macam teknik teater seperti efek suara, laser dan air, piroteknik dan kembang api; 60 penari dan akrobat, unta dan kuda, mencakup Omar Sharif sebagai suara narator. Al Sahra juga menawarkan sebuah souk (pasar Arab) kerajinan tangan tradisional dan berbagai atraksi seperti jalur unta, menunggangi kuda dan keledai yang dapat dinikmati di padang pasir.
Konsep
Dubailand merupakan visi dari pemimpin Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum. Pembangunan ini direncanakan menjadi sebuah kota yang terbagi dalam enam tema. Target Dubailand adalah untuk menarik 15 juta turis menuju Dubai pada 2010. Pembangun merencanakan pencapaian target ini dengan membuat sebuah tujuan pariwisata, hiburan dan kenyamanan yang akan menarik turis tidak hanya dari negara di sekitarnya tetapi juga dari Eropa dan Asia. Pembangunan ini diperkirakan menarik sekitar 200,000 pengunjung setiap hari dan keuntungan sebesar $20 miliar. Menurut kepercayaan lokal, Dubailand bukan merupakan sebuah rencana yang akan membawa kota ini dari ketergantungan terhadap keuntungan dari minyak, karena 97% GDP awal Dubai berasal dari sektor non-minyak seperti pariwisata.
Pembangunan
Proyek Dubailand diumumkan secara resmi pada 23 Oktober 2003. Dubailand akan dibangun pada situs seluas 3 miliar kaki persegi (278 km²/107 mil²) dan akan mencakup 45 proyek raksasa dan 200 proyek kecil. Taman wisata ini lebih luas 2 kali lipat daripada semua resor Disneyland/DisneyWorld apabila digabung, dan menjadi taman wisata terbesar di dunia. Reaksi publik terhadap proyek ini sangat positif dan Dubai telah melampaui investasi pribadi senilai $4.9 miliar pada seluruh proyek dengan mengumpulkan dana $6 miliar dari sektor pribadi pada fase pertama.
Bagian pertama dari empat fase mencakup pembangunan Dubailand yang akan selesai pada awal 2008 sejak para pembangun memutuskan untuk memperluas taman hingga 50% secara mendadak ketika taman ini mendekati tanggal selesainya konstruksi. Penyelesaian fase terakhirnya diperkirakan pada suatu waktu antara 2015 dan 2018. Dubailand dilihat oleh perancangnya sebagai sebuah kota yang makin berkembang dan tumbuh selama rencana fase keempat.
Spoiler for Fase Keempat:
Enam Area
Attractions & Experience World 13 km² (5.2 mil²)
Universal Studios Dubai
Tiger Woods Dubai
Bawadi
Global Village
Kids City
Giants World
Water Parks
Aquadunya
Dubai Snowdome, sebuah resor ski indoor.
Retail and Entertainment World 4 km² (1.6 mil²)
Flea Market
World Trade Park
Auction World
Factory Outlets
Themed Leisure and Vacation World 29 km² (11.2 mil²)
Women's World
Destination Dubai
Desert Kingdom
Andalusian Resort and Spa
Eco-Tourism World 75 km² (28.9 mil²)
Al Sahra Desert Resort
Sand Dune Hotel
Al Kaheel
Sports and Outdoor World 19 km² (7.4 mil²)
Dubai Sports City
Emerat Sports World
Plantation Equestrian and Polo Club
Dubai Autodrome
Dubai Golf City
Downtown 1.8 km² (0.7 mil²)
Mall of Arabia, yang mana akan menjadi pusat perbelanjaan terbesar di dunia
City Walk
The Great Dubai Wheel, yang mana akan menjadi kincir observasi berputar terbesar ke-2 di dunia setelah Shanghai Kiss
Virtual Game World

Dubai Mall

Dubai Mall adalah mall raksasa yang akan dibangun di Dubai, Uni Emirat Arab, oleh Emaar, sebagai bagian dari proyek "Dubai Baru". Mall ini mengklaim diri sebagai mall terbesar di dunia apabila konstruksinya selesai. Proyek ini akan mencakup area lebih dari 12 juta ft² , dengan 10 - 15 mall kecil dibangun didalamnya, mencakup 9 juta ft² dari seluruh bangunan toko eceran (dapat menampung lebih dari 1000 toko). Mempersembahkan atraksi termasuk souk terbesar di dunia, sebuah Pulau Fashion seluas 850,000 ft²; salah satu akuarium terbesar di dunia; sebuah lapangan ice skating seluas lapangan Olimpiade; Air Terjun Oasis Fountain; Atrium WaterFront; pemandangan (akan selesai) menara tertinggi di dunia, Burj Dubai. Mall ini telah mendapat 5 penghargaan. Proyek ini mendapat 2 penghargaan dari Retail Future Project Awards di MAPIC, Cannes, Perancis, pada tahun 2004, untuk Best Retail Development Scheme (Large), Best Use of Lighting in a Retail Environment. Brosur Dubai Mall memenangkan 3 penghargaan dari Summit Creative Awards 2005 di Portland, Oregon, Amerika Serikat; Penghargaan emas untuk Best Art Direction / Graphic Design, Penghargaan silver untuk Best 4-colour B2B Brochure, dan Judges Special Recognition awars.
Mall ini sedang dibangun oleh Emaar dan diduga selesai pada tahun 2006, mengklaim diri mencakup area seluas 50 "bubungan sepak bola berukuran internasional". Mall ini sekarang diduga selesai pada tahun 2008.
Sebenarnya, mall terbesar di dunia dipercayai sebagai South China Mall di Dongguan, Tiongkok, mencakup area seluas 9.6 juta ft²
Kontroversi Pekerja
Percobaan pekerja yang dipakai pada konstruksi di Dubai Mall telah menyebabkan kontroversi. Dubai Mall dibangun oleh pekerja konstruksi, terutama dari India, Pakistan, Sri Lanka, dan Bangladesh. Contohnya, pengecat ahli dibayar $7.60 per hari, dan pekerja dibayar $4 per hari.
Spoiler for Gambar Bangunannya:
Construction on 27 November 2007

Construction on 3 January 2008

Falconcity of Wonders

Falconcity of Wonders merupakan sebuah proyek pembangunan sebuah kota di Dubai dengan replika tujuh keajaiban dunia termasuk keajaiban modern seperti Menara Eiffel dan Taj Mahal. Proyek ini dipimpin oleh Falconcity of Wonders Company, dimiliki oleh pebisnis lokal Salem al Moosa. Biaya proyek ini senilai $1.5 milyar.
Apabila dilihat dari luar angkasa, kota ini akan membentuk burung elang. Menara Eiffel akan membentuk sebuah hotel dengan kaca di antara struktur bajanya. Bangunan ini juga lebih tinggi daripada Menara Eiffel yang asli dan akan dinamai "Dubai Eiffel Tower".
Konsep aslinya dibuat oleh CEO dibawah panduan dan visi yang ditetapkan oleh H.H Sheikh Mohammed Almaktoum. Konsep ini kemudian ditiru oleh sebuah perusahaan yang diinvestigasi terlebih dahulu dan ditutup oleh pemerintah. Falconcity sekarang sedang dalam pembangunan dan konstruksi telah dimulai.
Spoiler for Gambar gedung yg direncanakan...:
Falconcity of Wonders

Menara Eiffel Dubai

Replika Piramida Giza

Replika Menara Miring Pisa dan Taj Mahal


Dubai Marina - Dubai Waterfront Real Estate
Dubai Marina merupakan sebuah distrik di daerah yang belakangan ini disebut sebagai 'Dubai baru', di Dubai, Uni Emirat Arab. Proyek ini terletak pada Interchange 5 antara Pelabuhan Jebel Ali dan area yang mengelola Dubai Internet City, Dubai Media City dan Universitas Amerika di Dubai. Fase pertama proyek ini telah selesai.
Marina ini semuanya buatan manusia dan telah dibangun oleh firma pembangunan real estat Emaar Properties dari Uni Emirat Arab. Marina ini akan berisi 200 bangunan bertingkat dan beberapa pencakar langit super tinggi, Dubai Marina Towers, The Torch Dubai Marina, Infinity Tower, The Princess Tower, Number One Dubai Marina, Marina Terrace, Le Reve dan Horizon Tower merupakan nama dari beberpa bangunan, dan mencakup area seluas 4.9 juta m² (50 juta ft²), yang terdiri dari 40 apartemen dan hotel di Jumeirah Beach Residence. Apabila konstruksinya selesai, marina ini diklaim menjadi marina terbesar buatan manusia di dunia. Sementara ini, marina buatan manusia terbesar di dunia adalah Marina del Rey di Los Angeles County, California, Amerika Serikat.

Spoiler for Gambar dr Dekat:




Spoiler for Gambar dr Jauh:



Gedung2 Lain yg sering dilihat
Spoiler for Other Building:




Dubai Bubble

Spoiler for Gambar Gedenya:

The World


Palm Island


Burj al-Arab

Burj al-Arab adalah sebuah hotel mewah yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Bangunan Burj al-Arab, didesain oleh Tom Wright, mencapai ketinggian 321 meter dan adalah bangunan tertinggi yang sepenuhnya digunakan sebagai hotel. Bangunan ini berdiri di sebuah pulau buatan yang berada 280 m lepas pantai di Teluk Persia. Burj al-Arab dimiliki oleh Jumeirah.
Hotel ini sering disebut sebagai hotel bintang tujuh. Hal ini dianggap sebuah hiperbola oleh orang-orang di bidang pariwisata. Hal ini juga dilihat sebagai cara untuk “mengalahkan” hotel-hotel lain yang menyebut hotelnya bintang enam. Sayangnya, hampir seluruh sistem peringkat hotel di dunia memiliki batas bintang lima. Menurut situs resmi Burj al-Arab, hotel ini adakah sebuah “hotel deluks bintang lima”.
Konstruksi Burj al-Arab dimulai pada 1994, dan dibuka untuk pengunjung pada 1 Desember 1999. Rancangannya mengambil bentuk layar sebuah dhow (perahu tradisonal Arab). Dekat dengan puncaknya, terdapat sebuah helipad (tempat pendaratan helikopter), dan restoran Al Muntaha (tertinggi dalam bahasa Arab) di sisi seberangnya, yang ditahan oleh kantilever (tembok yang menganjur keluar sebagai penahan balkon) di atas laut. Salah satu elemen yang unik adalah dinding atrium yang menghadap ke pantai, terbuat dari kain fiberglass yang dilapisi Teflon. Interiornya didesain oleh Khuan Chew.
Burj al-Arab juga memiliki atrium lobi tertinggi di dunia, setinggi 180 meter. Atrium tersebut dapat melingkupi Gedung World Trade Center (WTC) Dubai yang menjulang setinggi 38 lantai — bangunan tertinggi di Dubai dari akhir 1970-an sampai pertengahan 1990-an. Kamar terkecil yang bisa disewa di Burj al-Arab luasnya mencapai 169 meter persegi. Tarifnya ‘cuma’ 1.000 dolar AS per malam. Sementara, suite biasa paling mahal ongkosnya 15.000 dolar AS. Sedangkan Royal Suite — semacam Presidential Suite di Indonesia — dihargai 28.000 dolar AS per malam, atau sekitar Rp 260 juta. Meski dihargai dengan tarif yang super mahal, Royal Suites kabarnya selalu terisi.
Saat memasuki Burj al-Arab anda akan disambut dengan ramah oleh penjaga hotel. Di lobby Burj al-Arab anda akan langsung dibuat terkesima tak cuma oleh bau semerbak rempah-rempah yang menyebar ke seluruh ruangan tapi juga oleh hiasan berupa air mancur yang bisa menari serta meloncat-loncat secara berirama. Tentu saja, air mancur yang pandai menari itu diatur dengan teknologi super sophisticated. Untuk memperindahnya, dasar dari kolam tempat air mancur menari itu dihiasi dengan baru-batu berwarna-warni.
Tak cuma itu, dinding pembatas tangga naik atau turun, dibuat bukan dari dinding pualam biasa, melainkan sebuah aquarium raksasa yang dihuni ratusan jenis ikan air laut yang berenang bebas. Jadi, seakan-akan Burj al-Arab berada di dalam lautan. Sama seperti di lobby, di lantai ini kita juga bisa jumpai kolam air mancur yang bisa menari, plus hiasan koral aneka warna di dasarnya.
Yang membedakannya, di lantai ini juga ada pertunjukan live dari sejumlah pemain musik tradisional Timur Tengah. Sementara, kalau kita mendongakkan kepala ke atas, akan tampak pilar-pilar baja yang disusun sedemikian rupa sehingga terbentuklah sebuah menara yang megah. Konon struktur menara ini dibuat untuk bisa bertahan lebih dari 50 tahun.
Walau anda tak berniat untuk menginap, anda akan merasakan kepuasaan karena bisa menyaksikan sekaligus menapaki salah satu bangunan termegah yang pernah dibuat manusia dan terkenal hingga penjuru dunia. Ada kejutan kecil saat anda akan meninggalkan Burj al-Arab, walau anda bukan tamu yang menginap di sana, petugas hotel tetap mempersilakan anda untuk mencicipi kurma asli Dubai yang lezat, wangi, berdaging tebal, manis dan tanpa biji pula.
Selain Burj al-Arab, di Dubai anda juga bisa mengunjungi Jumeirah, yang merupakan sebuah area perumahan pinggir pantai di Dubai. Wilayah ini berisi properti besar dan mahal, serta rumah-rumah yang dibangun dengan berbagai macam gaya arsitektural. Area ini populer di kalangan ekspatriat Barat yang bekerja di Uni Emirat Arab, juga di kalangan turis yang mengunjungi Dubai.
Sumber : http://alcapone-network.co.cc
Spoiler for Gambar Gedungnya:









Buat yg ndk tau dubei dimane?silakan kunjungin, caritau...

1 komentar:

Dubai Palm Island mengatakan...

Hi,
Fantastic post, wonderful breakdowns . Simply put ………. Very useful . Thanks heaps for sharing your experiences and knowledge.

Thnaks

Dubai palm island