Senin, 08 Desember 2008

MITOLOGI RAGNAROK -- > Real Not Game

Ragnarok (takdir para dewa) adalah suatu bagian dari mitologi Nordik tentang pertempuran di akhir dunia. Pertempuran antara Æsir, yang dipimpin oleh Odin dan para iblis (raksasa api dan berbagai monster yang dipimpin oleh Loki), Iris .Pertempuran terjadi di suatu daerah bernama vigrid plain Makna dari pertempuran ini tidak hanya pertempuran antara Dewa, raksasa dan monster, tetapi juga melibatkan seluruh alam semesta .Dari pertempuran ini banyak dewa-dewi yang mati termasuk odin.


Aesir
Aesir merupakan salah satu ras dewa yang tinggal di Asgard. Aesir memiliki musuh utama, yang selalu mereka perangi, yaitu Vanir. Aesir sangat suka dengan perang dan pertempuran, sedangkan Vanir lebih dekat ke alam dan kesuburan. Ketika Aesir dan Vanir berdamai, beberapa dewa/dewi Vanir, seperti Njord, Frey dan Freyr menjadi Aesir.
Awalan As adalah nama tunggal untuk Aesir. Female As disebut Asynia (jamaknya Asynior/Asyniur).

Berikut ini informasi mengenai dewa2 yang terlibat ragnarok


Odin
Spoiler for pic nya gan:

Penguasa dunia dan pemimpin para Aesir (meskipun ujung-ujungnya mati di Ragnarok). Odin merupakan anak dari raksasa Bor dan Bestla. Selain Valhala, Odin juga punya aula lain yang disebut dengan Valaskialf, yang beratapkan perak murni. Disini terdapat tahtanya yang disebut Hlidskialf, dimana dia bisa melihat seluruh dunia. Tombaknya bernama Gungnir sedangkan cincinnya bernama Draupner (Cincin Kekuatan) yang dibuat oleh kurcaci kembar, Brokk dan Eiti. Odin punya dua serigala yang bernama Freki dan Geri. Dua gagak, Huginn ("Pikiran") dan Muninn ("Ingatan"), bertugas membawa berita dari seluruh dunia untuknya. Odin memimpin gerombolan penunggang kuda ketika Wild Hunt berlangsung. Mereka berkelana pada malam hari, dari malam musim dingin, 31 Oktober (Liat hubungannya dengan Hallowen?) sampai May Eve, 30 April (Ga' ngerti artinya), khususnya pada malam perayaan pagan Yule, 21 Desember. Melihat mereka pada saat mereka sedang "jalan-jalan", bisa berarti itu adalah akhir dari hidupmu.

Ve (Lodur)
Spoiler for pic nya gan:

Saudara Odin dari ortu yang sama. Dikenal juga dengan Lodur, Lodar atau Lother. Bersama dengan 2 saudaranya yang lain, Odin dan Vili, membunuh raksasa Ymir dan menciptakan dunia.

Vili (Hoenir)
Spoiler for pic nya gan:

Saudara Odin dan Ve dari ortu yang sama.

Thor
Spoiler for pic nya gan:

Dewa petir. Thor merupakan anak Odin dengan raksasa wanita, Jörd, Fjörgyn atau Hlódyn (dewi bumi). Wilayah kekuasaannya bernama Thrudvangar dengan 540 apartemen. Thor punya aula dimana dia tinggal, yang disebut Bilskirnir. Thor memiliki kereta yang ditarik oleh dua kambing, Tanngniost dan Tanngrisnir. Thor punya senjata khusus berupa palu yang bernama Mjolnir, buatan kurcaci kembar, Brokk dan Eiti . Setiap kali Thor melemparkannya ke musuh2nya, palu tersebut selalu kembali ke tangannya. Hal ini disebabkan karena Thor memakai sarung tangan besi ajaib yang bernama Járngreipr. Selain itu, Thor juga punya Megingjarpar (girdle [girdle=korset] of might), yang membuat dia menjadi tidak terlihat. Musuh utama Thor adalah Jörmungand alias Midgard Serpent.

Tyr
Spoiler for pic nya gan:

Dewa bertangan satu. Kemungkinan anak dari Odin dan Frigg atau raksasa perempuan Fjorgyn. Tyr saudara mudanya Thor.

Heimdall
Spoiler for pic nya gan:

Dikenal juga sebagai White As. Merupakan anak dari Nine Waves (9 raksasa perempuan yang semuanya bersaudari). Itu artinya Heimdall punya 9 ibu. Nine Waves merupakan anak dari Aegir. Heimdall dikenal juga sebagai Rig, pencipta umat manusia. Nama lainnya Hallinskidi dan Gullintanni. Heimdall adalah penjaga Bifrost. Dia tinggal di aulanya, Himinbjörg ("Cliff of the Hills" atau "Heavenly Fall") yg terletak di ujung Asgard. Heimdall punya pendengaran dan penglihatan yang super tajam. Dia adalah penjaga yang tidak pernah tidur yang bertugas mencegah para raksasa memasuki Asgard. Pedangnya disebut Hofund (Heimdall's Head). Seperti Odin, Heimdall juga minum air dari sumur Mimir dan untuk itu dia mengorbankan salah satu telinganya. Pada perang terakhir antara para dewa dan raksasa jahat, dengan menunggang kudanya, Gulltopp dan membawa pedangnya, Hofund, Heimdall dan Loki saling berbunuhan dalam pertempuran.

Loki
Spoiler for pic nya gan:

Dewa api. Anak dari raksasa Fárbautia (Farbautia, "Cruel-Striker") dan Laufey ("Tree Island") atau Nal. Saudara dari Byleist dan Helblindi. Menikah dengan Sigyn, ayah dari Narfi (Narvi) dan Vali (Beda dgn Vali anak Odin dan Rin). Melalui raksasa Angerboda ("Distress Bringer"), Loki menjadi ayah dari Hel, dewi kematian; Jörmungand (Jormungand), sang Misgard Serpent; dan Fenrir, si serigala raksasa. Loki juga menjadi ibu dari Sleipnir melalui kuda jantan Svadilfari. Ceritanya, Loki mengubah dirinya menjadi kuda betina untuk menjauhkan Svadilfari dari pemiliknya, raksasa Hrimthurs, untuk mencegah sang raksasa menyelesaikan pembangunan Asgard. Sebenarnya Loki bukanlah dewa yang jahat. Dia suka membantu para dewa Aesir, namun tidak jarang menimbulkan kesulitan untuk dewa2 tersebut. Loki dikenal sebagai Trickster dan Shape-changer. Sebenarnya Loki adalah frost giant, tetapi sejak menjadi saudara sedarah dengan Odin, Loki menjadi anggota Aesir yang sangat penting. Meskipun tidak ada dewa yang seperti dia, Loki diperkanankan untuk makan di Asgard. Lama kelamaan, Loki menjadi lebih gelap dan sinis, mencerminkan dewa jahat di Asgard sebagai tandiangan para dewa baik. Dia terlibat secara tidak langsung atas kematian Balder dengan menipu Frigg untuk mengetahui apa yang bisa membunuh Balder dan menggunakan Hod, saudara Balder untuk membunuh dewa tersebut. Atas kejahatannya, Loki dihukum dengan dikurung di sebuah gua. Pada saat Ragnarok tiba, Loki memimpin perlawanan terhadap para dewa.

Ull
Spoiler for pic nya gan:

Dewa keadilan, berburu dan duel. Anak Sif, istri Thor. Ull kemudian menikahi Skadi, mantan istri Njord. Ull tinggal di Ydalir (Yew Dales or Yewdale) di Asgard.

Bragi
Spoiler for pic nya gan:

Dewa puisi. Anak Odin dan raksasa Gunlod. Istri Bragi adalah Idun, dewi musim semi dan masa muda. Bragi juga merupakan dewa pidato.

Forseti
Spoiler for pic nya gan:

Dewa keadilan dan hukum. Anak Balder dan Nana.

Vidar
Spoiler for pic nya gan:

Anak Odin dengan raksasa perempuan Grid. Vidar dikenal sebagai silent god atau silent As karena dia jarang berbicara. Di antara Aesir, dia yang terkuat kedua setelah Thor. Dia tinggal di Brushwood yang bisa jadi itu adalah istananya atau daerah kekuasaannya seperti yang tertulis di Poetic Edda
Vidar salah satu yang selamat dari Ragnarok dan berhasil membalas kematian ayahnya dengan membunuh serigala raksasa, Fenrir.

Vali
Spoiler for pic nya gan:

Anak Odin dengan raksasa perempuan Rind. Vali lahir pada hari yang sama dengan hari kematian Balder. Sebelum usianya mencapai 1 malam, Vali tumbuh menjadi seukuran pria dewasa dan membalas dendam untuk kematian Balder dgn membunuh Hod.

Balder
Spoiler for pic nya gan:

Dying god? Balder adalah dewa kecantikan. Tinggal di istananya yang bernama Breidablik bersama dengan istrinya Nana, anak perempuan Nep. Dari keduanya, lahirlah Forseti. Balder merupakan dewa yang paling dicintai dari seluruh dewa yang ada. Sayangnya, menurut ramalan, Balder akan mati. Karena itu, ibunya, Frigg meminta semua mahluk dan benda yang ada untuk tidak melukai anaknya itu. Sayangnya, dia tidak meminta hal yang sama kepada mistletoe(?) karena menyangka tanaman tersebut tidak mungkin melukai Balder. Cerita selanjutnya, ada dibawah.

Hod
Spoiler for pic nya gan:

Dewa yang buta, anak dari Odin dan Frigg, saudara Balder. Dia adalah dewa musim dingin dan kegelapan.
Loki menipu Höd dengan melempar mistletoe(?) kepada saudaranya, satu-satunya benda yang bisa membunuh Balder. Vali membalas kematian Balder dengan membunuh Höd.

Hermod
Spoiler for pic nya gan:

Pembawa pesan para dewa. Anak dari Odin dan Frigg, saudara Balder dan Höd (Hod). Ketika saudaranya yang buta, Hod membunuh saudara mereka, Balder, hanya Hermod yang berani pergi ke dunia bawah, menemui Hel, dewi kematian. Hermod meminta Hel membiarkan balder hidup kembali. Hel menyetujuinya dengan satu syarat bahwa setiap mahluk harus meneteskan paling tidak 1 tetes air mata untuk Balder untuk membuktikan bahwa Balder adalah dewa yang dicintai. Hermod gagal memenuhi persyaratan tersebut setelah seorang raksasa perempuan menolak menangis untuk Balder.

Mirmir
Spoiler for pic nya gan:

Dewa Aesir yang paling bijak. Selama masa damai antara Aesir dan Vanir berlangsung, kedua belah pihak saling bertukar sandera. Aesir menerima Njörd (Njord) dan Freyr, sementara Vanir menerima Mimir and Hoenir. Mimir mati setelah kepalanya dipenggal oleh para Vanir karena suatu kejadian.

Magni and Modi
Spoiler for pic nya gan:


Dua anak Thor dari raksasa perempuan Jarnsaxa (Iarnsaxa, "Ironwood") yang berhasil selamat dari Ragnarök dan mewarisi palu ayah mereka, Mjollnir.


stop dolo ya...capek bro

thanx nya gx nolak....yg penting ihklas


Quote:
Originally Posted by Elevation View Post
Nice inpo..
tapi gw bingung deh..
Mjolnir itu nama Palu atau nama dewa??



kan di bilang palu ayah mereka, Mjolnir.. brarti Mjolnir itu palu ayahnya atau nama ayahnya mjolnir??
Mjolnir nama senjata dewa thor gan ( berbentuk palu )

Quote:

Dalam mitologi Nordik, Mjolnir adalah palu atau gada besar yang dipakai oleh Thor putra dari Freyr untuk berperang. Mjolnir merupakan palu yang mempunyai kekuatan listrik sebagaimana pemakainya, dewa Thor. Mjolnir dilambangkan membantu Thor dalam banyak peperangan dan pertarungan. Adapun sumber lain yang mengatakan bahwa Mjolnir merupakan alat yang dipakai Thor untuk membuat petir

Tidak ada komentar: