Selasa, 13 Januari 2009

Mobil Rp. 25 juta Resmi Diluncurkan



Namanya TATA NANO, Harganya 25 juta saja, tar masuk Indonesia gak ya? kayaknya si masuk ...

website resminya : www.tatanano.com

Video peluncurannya : http://www.youtube.com/watch?v=kxWq9bKRmc0&feature=dir


Beritanya :


New Delhi - Produsen mobil dari India, Tata Motor merealisasikan mobil murah dengan harga US$ 2.500 atau sekitar Rp 23,7 juta. Meski murah, Tata tetap menjamin keamanan mobil yang dinamakan 'Nano' itu.

"Kami memperkecil paketnya, kami menggunakan baja dan meterial yang lebih sedikit, kami mengubahnya menjadi mesin yang lebih kecil," ujar chairman Tata Group, Ratan Tata saat peluncuran mobil termurah didunia itu, seperti dikutip dari AFP, Jumat (11/1/2008).

"Jadi mobil ini memang biayanya lebih rendah," ujar Tata yang sering diidentikkan dengan perintis otomotif AS, Henry Ford itu.

Meski berbiaya rendah, namun Tata tetap menjamin keselamatan mobil tersebut. Tata menyatakan, mobil tersebut telah memenuhi standar emisi Euro IV. Versi diesel dengan nama tengah 'People's Car' akan dikenalkan lebih lanjut.

"Kami sama sekali tidak mengurangi standar emisi ataupun keamanan. Kami memenuhi standar keamanan yang terbaru dan bahkan akan memiliki level polusi yang lebih rendah daripada kendaraan roda dua yang diproduksi di India,," ujar Tata.

Pria berusia 70 tahun itu menyatakan, 'Nano' didesain oleh sebuah tim teknisi dari India yang disebutnya sebagai 'Muda dan Cemerlang' dan tidak pernah mengerjakan proyek serupa.

Tata Nano yang dikembangkan selama 4 tahun adalah sebuah mobil mungil nan sporty dengan empat pintu dan lima tempat duduk. Tata Nano hanya berukuran panjang 3,1 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1,6 meter.

Mobil cantik itu rencananya akan dijual pada semester II-2008 dengan harga 100.000 rupee atau sekitar US$ 2.500 termasuk pajak. Nama 'Nano' diambil karena menurut Tata nama itu berkonotasi teknologi tinggi, berukuran kecil dan mudah untuk diucapkan dalam bahas Inggris dan Hindi.

Tata Nano akan memerlukan bensin 1 liter untuk setiap 20 kilometer. Mobil ini cukup mini karena memakan tempat 8% lebih kecil dibandingkan mobil-mobil dengan harga murah lainnya di India seperti Maruti 800. Namun ruangan dalam mobil itu 21% lebih luar dari Maruti 800.

"Ini adalah mobil yang 'cantik', ini adalah sebuah pencapaian besar," ujar analis otomotif India, Murad Ali Baig.

Ehm.... kapan ya ada di Indonesia?

sumber : www.detikfinance.com

Tidak ada komentar: